Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Cerita

nurul afinia zaini, Mailizar Mailizar

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membandingkan kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Perguruan Rakyat 2  tahun ajaran 2018/2019 kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data peneliti adalah tes sebanyak 10 soal berupa esai. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan didapat  thitung > ttabel (2,52 > 2,01) maka H0 ditolak dan H1 diterima pada α =0,05, dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle (Kelas Eksperimen) terhadap kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmarani. (2016). Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VII Smp Aloysius Turi Cerita Matematika Pada Topik Bilangan Bulat. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.Retrivedfrom https://respository.usd.ac.id/8050/1/111414083.pdf

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 77–86. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4639

Liu, T., Peng, H., Wu, W., & Lin, M. (2009). The effects of Mobile Natural- Science Learning Based on the 5E Learning Cycle : A case Study. Educational Technology & Society, 12(4), 344-358. Retrived from https://www.jstor.org/stable/pdf/jeductechsoci.12.4.344.pdf

Roesdiana, L. (2016). Pembelajaran Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematissiswa.PendidikanUNISKA,4(2),169–184.Retrievedfrom https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa :Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/226594 peningkatkemampuanpenalaran-matemati-55500f0f.pdf.

Supardi, U.s.(2013).Aplikasi Statistik dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.