Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X IPA SMAN 21 Kota Bekasi
Sari
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 21 Kota Bekasi. Memiliki tujuan untuk mengetahui: Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 85 siswa kelas X IPA yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan secara inferensial yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji kelinearan regresi dengan hasil normal dan linear. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kemandirian belajar tehadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 98,6%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2015–4196), 63–69. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646
Fajriyah, L., Akbar, P., Bernard, M., & Nugraha, Pp. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296.
Farhan, M. (2020). Kemandirian Belajar dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Matakuliah Analisis Real. Diskusi Panel Nasional Pendidikan …, 80, 351–358. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4759
Harapit, S., & Hutapea, N. M. (2021). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning ( PBL ) dalam upaya memfasilitasi kemampuan penalaran matematika siswa MA kelas X. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (6thSENATIK) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKAFPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, 311–318.
Hikmah, N., Juniarti, I., & S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 80, 117–124.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Zannati, G. N., Fitrianna, A. Y., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Perbandingan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 107–112. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p107-112
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.