Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Witri Lestari, Yulia Cahya Ningrum

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika peserta didik pada pokok bahasan Rasio Trigonometri Pada Segitiga Siku-siku terhadap siswa kelas X SMA SANDIKTA Bekasi tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis maka didapat uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai Lhitung < Ltabel (0,1328 < 0,161) dan pada kelompok kontrol Lhitung < Ltabel    (0,0829 < 0,161). Uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher (uji-F) menunjukkan bahwa Fhitung (1,3123) < Ftabel (1,85) yang berarti data kedua kelompok Homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang menunjukkan hasil thitung > ttabel  (4,80 > 2,0021) ini berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberi model pembelajaran Auditory, Intellcetually, Repetition (AIR) lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan Rasio Trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X SMA SANDIKTA Bekasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiana, Elma dkk. (2018). Pengaruh Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Jurnal Matematika, 1(1):1-6.

Amam, Asep. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika (Teorema). Vol.2. No.1: 39-46.

Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta : Smart.

Suwarman. F. Ramadhan, dan Akmal Aulia Candra. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repettion (AIR) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakencana. VI (2): 152-161.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.