Pengaruh Efikasi Diri Peserta Didik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Yuan Andinny, Nadya Yasmin, Suniah Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis. Sampel yang digunakan sebanyak 118 peserta didik dengan teknik random sampling dari peserta didik kelas VII SMP Dharma Pertiwi Kota Depok. Metode yang digunakan adalah survei, pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebarkan tes untuk variabel kemampuan komunikasi matematis sedangkan angket untuk variabel efikasi diri. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara efikasi diri (X) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y). Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 24,96 > 3,92. Dengan nilai dari pengaruh efikasi diri peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 17,9% dan sisanya sebesar 83,1% dipengaruhi oleh variabel lain. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainun, N., & Tawari, I. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data di kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Jurnal Serambi Edukasi, 3(1), 73–80. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1316

Amaliah, E. F., & Haryanto. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di provinsi jawa tengah tahun 2015-2017. Diponegoro Journal Of Accounting, 8(2), 1–13. https://doi.org/10.24014/jel.v9i1.6798

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Theorems, 1(2), 82–91. https://core.ac.uk/download/pdf/228883488.pdf

Awaluddin. (2018). Pengaruh self-efficacy dan selfesteem terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VII Mtsn 1 Gowa. (Skripsi). UIN Alauddin Makassar, Makassar.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036

Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy siswa pada model pembelajaran mea. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251–258. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20604

Kusmawan, A. (2020). Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sma. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nasution, M. (2018). Konsep standar proses dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(1), 120–138. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The relation between self-efficacy toward math with the math communication competence. Journal of Mathematics Education, 6(2), 177–182. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182

Sutrisno, T., Suaib, H., & Ichwan, S. (2017). Fungsi pengawasan manajemen administrasi dalam meningkatkan efisiensi kerja karyawan pada pt aditya mandiri sejahtera Kota Sorong. Gradual: Jurnal Ilmu Sosial, 6(2), 30–41. http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/600


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.