Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Dian Indah Mawarni, Indah Mayang Purnama

Sari


Penelitian dilakukan di MTs Darussalam Cilangkap, memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan  percaya diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional dengan analisis regresi ganda. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII  MTs Darussalam Cilangkap. Sampel yang diambil berasal dari teknik random sampling, diperoleh sebanyak 18 responden. Teknik pengumpulan dilakukan dengan instrumen tes essay, dan kuesioner (angket) yang sudah divalidasi secara empiris. Teknik analisis data dilakukan deskriptif dan secara inferensial yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan percaya diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan percaya diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Rohmat, AN, & Lestari, W. (2019). Pengaruh konsep diri dan kepercayaan diri terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) , 5 (1), 73-84.

Sihotang, H. (2012). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Se-Jakarta Timur. Jurnal Dinamika Pendidikan, 5(3), 103-161.

Sandra, SA, & Werdiningsih, CE (2021). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Pemikiran Kritis Matematis. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika , 7 (1).

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 239-246.

Ma'ruf, M. G. (2019). Hubungan Konsep Diri dan Self Control dengan Kebermaknaan Hidup. Indonesian Psychological Research, 1(1), 11-24.

Septiyani, N. O., & Alyani, F. (2021). Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 133-144.

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45.

Pujiati, T., & Triadi, R. B. (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Budaya Dalam Komunikasi Interpersonal. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(1).

Yudithia, Y., & Mahadiansar, M. (2019). Perilaku Organisasi Positif dalam Kinerja: Suatu Konsep dan Teori. Umrah Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.