Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Panggung Khas Sunda di Daerah Kranggan Wetan

Maria Olga Nare, Indra Martha Rusmana, Diah Oga Nusantari

Sari


Tujuan penulisan artikel adalah untuk membahas konsep etnomatematika dan mendeskripsikan keterkaitan etnomatematika pada Rumah Panggung khas Sunda di Kranggan Wetan. Etnomatematika merupakan matematika dalam suatu budaya yang merupakan mode, gaya, dan teknik menjelaskan, memahami, dan menghadapi lingkungan alam. Etnomatematika juga dimanfaatkan sebagai model pendekatan pembelajaran yang mengutamakan latar belakang budaya. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat beberapa pola bangun datar, bangun ruang, dan sudut pada Rumah Panggung Kranggan. Pola bangun datar yang terdapat pada bangunan Rumah Panggung Kranggan antara lain persegi, persegi panjang, segitiga, dan trapesium. Pola bangun ruang yang terdapat pada bangunan Rumah Panggung Kranggan antara lain balok, limas segempat, prisma segiempat, dan tabung. Jenis sudut yang diterapkan antara lain sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul. Konsep tersebut memiliki keterkaitan dengan materi pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Fitroh, W. & Hikmawati, N. (2015). Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS, 333-344.

Lisnani, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.

Medyasari, L. T., Zaenuri, & Dewi, N. R. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Bangunan Kota Lama di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 981-991.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT. Alfabet.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1-13.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.