Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Penalaran Matematika

Sarah Ayu Syaputri, Condro Endang Werdiningsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh gaya belajar dan minat belajar siswa terhadap penalaran matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Gaya belajar terbagi menjadi 3 yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Dan untuk minat belajar dibagi menjadi dua yaitu minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survey ex post facto. Penelitian dilakukan di SMPN 152 Jakarta, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling, sampel sebanyak 162 responden. Penentuan gaya belajar dan minat belajar menggunakan angket. Dan untuk penalaran matematika di berikan test sebanyak 6 butir soal yang dinyatakan valid. Pengujian persyaratan data dengan melakukan uji normalitas kelompok data dan dilanjutkan uji homogenitas untuk menguji kesamaan varians setiap kelompok data. Selanjutnya melakukan uji hipotesis anava dua jalur dan dilanjutkan uji tukey. Berdasarkan hasil uji ANAVA Dua Jalur disimpulkan terdapat pengaruh siginifikan gaya belajar dan minat belajar terhadap penalaran matematika pada siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Absis, 2(1), 121–128.

Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57.

Qomariyah, S., Bagaskorowati, R., & Sarkadi. (2017). Karakter peserta didik melalui modifikasi perilaku pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 1–12. 2uQ&nossl=1&ws=1350x642&at=

Sumaeni, S., Kodirun, & Salim. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDUMAT : Jurnal Edukasi Matematika, 11(2), 79–87.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian : Konsep Statistika yang lebih Komperehensif.

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409–414.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.