Pengaruh Kecemasan Belajar terhadap penalaran Matematika
Sari
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari kecemasan belajar matematika terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecamasan belajar matematika terhadap kemampuan penalaran matematika. 2) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecemasan belajar terhadap kemampuan penalaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi terjangkau adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2021-2022 SMP Pesantren Modern At-taqwa. Besar sampel sebanyak 50 dan sampe dua kelas, yaitu siswa dari kelas VIIIA dan VIIIB, dengan teknik deskriptif kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket kecemasan belajar sebanyak 33 pernyataan dan tes kemampuan penalaran matematika berbentuk essay sebanyak 7 soal,yang telah diuji validitasnya. Analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil terdapat pengaruh kecemasan belajar terhadap kemampuan matematika ditinjau dari perspektif kelas VIIIA dan VIIIB di SMP Pesantren Modern At-Taqwa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis diperoleh regresi sederhana yang berarti ditolak dan korelasi yang berarti ditolak. Hal ini menunjukka bahwa terdapat pengaruh kecemasan belajar terhadap penalaran matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249
Astiati, S. D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239
Munasiah, M. (2016). Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 220–232. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.649
Saputra, P. R. (2014). KECEMASAN MATEMATIKA DAN CARA MENGURANGINYA ( MATHEMATIC ANXIETY AND HOW TO REDUCE IT ). 3(2), 75–84.
Ulya,H., Rahayu, R., Studi, P., Matematika, P., & Kudus, U. M. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. 2(1), 16–23.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.