Respons Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube pada Pembelajaran Daring

Novrita Mulya Rosa, Fatwa Patimah Nursa'adah

Sari


Pembelajaran secara daring, terdapat keterbatasan waktu dan ruang bagi dosen dan mahasiswa dalam mendiskusikan materi kuliah. Penggunaan video pembelajaran melalui Youtube yang dapat diakses secara daring merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan video Youtube sebagai media pembelajaran daring statistika dasar. Respon mahasiswa ini berguna untuk mengetahui sejauh mana tanggapan dan reaksi mahasiswa terhadap media pembelajaran menggunakan youtube, sehingga dapat dijadikan bahan refleksi serta referensi dalam merancang pembelajaran di masa yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan angket skala likert. Berdasarkan respon angket yang diberikan kepada 158 mahasiswa diperoleh hasil rata-rata persentase skor seluruh indikator sebesar 79,72%.  Hal ini menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap penggunaan media video Youtube pada kuliah statistika dasar adalah positif.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.