Analisis Penggunaan Metode Problem Based Learning untuk Pembahasan Materi Peluang Kelas X di SMK Kecamatan Kramat Jati

Aliyan Ghifa Rina, Dzulfa Rindiani, Hasnah Putri Azzahra, Laila Eka Rahmantika, Sarah Dwi Meilani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pembahasan materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penilitian ini adalah bahwa Metode Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan berpikir pada materi peluang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 296.

Dimyati, & M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja pressindo.

Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, JDIH BPK RI DataBase Peraturan (2003).

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 1–14.

Sholikhakh, R. A., Pujiarto, H., & Suwandono, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 33. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.561

Warta, I. W., & Natajaya, N. (2013). Terhadap Prestasi Belajar Ips Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik Siswa Kelas Viii Smpn 3 Sukawati. 4, 1–11.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.