Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika

Didi Sutisna, Yunita Endra Megiati, Noor Komari Pratiwi

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar Matematika terhadap prestasi belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis regresi. Dari 45 sampel siswa kelas XII SMK Sismadi Jakarta, didapatkan hasil penelitian besarnya hubungan (R) antara variabel minat belajar Matematika (X) dan prestasi belajar Matematika (Y) adalah 0,791. Hasil Uji Anova diperoleh nilai prob. F hitung (Sig.) = 0,000 < 0,05, artinya persamaan regresi linear dapat digunakan untuk memprediksi prestasi belajar Matematika. Dari hasil Uji t didapatkan bahwa nilai prob. t hitung (Sig.) = 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh yang signifikan minat belajar Matematika (X) terhadap prestasi belajar Matematika (Y) dengan persamaan regresi Linear Y = 60,423 + 0,374 X. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi minat belajar Matematika, semakin tinggi pula prestasi belajar Matematika siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 2 dan 3, (2003).

Abineno, P., Rowa, Y. R., & Jagom, Y. O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.99

Andari, M. M. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Sejarah Kelas XI di SMA Islam Al-Ma’ruf Jakarta Timur. Universitas Indraprasta PGRI.

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.

Budiarti, Y. (2011). Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.

Ekawati, E. (2011). Peran, Fungsi, Tujuan, dan Karakteristik Matematika Sekolah. http://p4tkmatematika.kemendikbud.go.id

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1).

Irwanti, F., & Widodo, S. A. (2018). Efektivitas STAD terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat belajar siswa kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1(2).

Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Megiati, Y. E. (2016). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK ATAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI. Research and Development Journal of Education, 2(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1432

Prantauwati, K., Syaiful, S., & Maison, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Tungkal Ulu di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.994

Pratiwi, N. K. (2017). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG. Pujangga, 1(2). https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Revisi). PT Rineka Cipta.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Tarsito.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Pernada Media Group.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.