Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Situation Based Learning

Nurul Hikmah, Indah Lestari

Sari


Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada proses pembelajaran dengan kemampuan penalaran matematika mahasiswa yang masih rendah, mahasiswa cenderung mengalami kesulitan dalam mengartikan setiap persoalan matematika dalam bentuk essay atau soal cerita ke dalam bentuk kalimat matematika sehingga mahasiswa cenderung tidak bisa menyelesaikan soal tersebut. Solusi dalam permasalahan ini bisa dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, model pembelajaran Situation Based Learning menjadi solusi yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 6 program studi pendidikan matematika Universitas Indraprasta PGRI Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas R6G sebagai kelas eksperimen dan kelas R6H sebagai kelas kontrol yang berjumlah 60 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes berupa soal essay berjumlah 5 soal yang telah melalui tahap validasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Situation based learning terhadap kemampuan penalaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). PERANAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis | Lestari | JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95–108.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Paranduri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 145–156.

Ratnasari, S. A. (2016). SITUATION-BASED LEARNING (SBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP - UPI Repository. http://repository.upi.edu/26105/

Ridwan, M. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Tinjau dari Gaya Belajar. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193–206.

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN GENERATIVE PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KALIWIRO. Retrieved July 15, 2022, from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/mtk/article/download/4072/2875

Sukmawati, A., & Puri Sukadasih, L. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.614

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika Pada Sekolah Menengah. Seminar Pendidikan Matematika Se-Jawa Barat.

Sumunaringtiasih, A., Koestoro, B., & Asnawat, R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(9). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14155

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/artikel/2009/04/14/analisis-si-skl-matematika-smp-untuk-optimalisasi-tujuan/

Xia, X., Lu, C., & Wang, B. (2008). Research on Mathematics Instruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153–163. https://doi.org/10.1111/j.0014-3820.2002.tb00118.x


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.