Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 MA

Syafrida Syafrida, Nabila Alifviyani, Suci Ramadhani, Christine Shantika Septinarami, Silvia Yunita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman soal matematika berdasarkan hasil belajar matematika pada Penilaian Tengah Semester. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X di  MAS Nurul Huda kecamatan Cimanggis Depok tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 18 siswa. Berdasarkan klasifikasi kemampuan hasil belajar siswa ditemukan dari sebanyak 18 siswa diperoleh jumlah siswa yang memperoleh nilai interval 80 – 100 atau yang masuk kriteria "tinggi" adalah sebanyak 0 siswa, yang memperoleh nilai pada interval 65 – 79,9 atau yang masuk kriteria "sedang" sebanyak 15 siswa atau sebesar 83,33%, yang memperoleh nilai pada interval 50 – 64,9 atau yang masuk kriteria "rendah" sebanyak 3 siswa atau sebesar 16,67%. Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan pemahaman soal matematika siswa pada soal PTS tergolong sedang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. ResearchGate. 1–7.

Fadli, M. R. (2021). Memahamai Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1): 33-54.

Herawati, O., D., P., Siroj, R., A., & Basir, M., D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 70–80.

Ningsih, Y., L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori Pada Materi Turunan. Jurnal Edumatica, 6(1): 1–8.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung : Rosdakarya.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matenatika, 6(1): 1-8.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Yuliani, E. N., Zulfah., & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 91-100.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.