Pengaruh Kecemasan dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Aulia Masruroh, Maya Nurfitriyanti

Sari


Kecemasan dalam dunia pendidikan sebagai salah satu faktor penghambat dalam belajar yang dapat mengganggu kinerja fungsi kognitif seseorang dalam berkonsentrasi, mengingat, pembentukan konsep, dan pemecahan masalah. Percaya diri terbentuk dari proses pemikiran, emosi, pembelajaran dan lingkungan yang seiring berjalan dengan proses perkembangan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara kecemasan dan rasa percaya diri dengan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik analisis regresi linear. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas VIII SMPN 59 Jakarta. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kecemasan dan percaya diri secara simultan berpengaruh secara siginifikan terhadap prestasi belajar matematika Hal ini diketahui dari tingkat signifikan sebesar 0.000 < α = 0.05.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Nugroho, Thomas Fajar (2010) Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester akhir di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Aminah E. 2015. Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 1(3), 164-169.

Dariyo, A., dkk. (2013). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Cetakan I. Bandung: PT Refika Aditama.

Erika U D. 2021. Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes. Jurnal Keperwatan 9(1), 18-23.

Fadhilah. 2010. Hubungan Motivasi Belajar dan Sikap terhadap Guru Pembimbing dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 8 Surakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah No. 01/Th.IV/Januari 2010.

Hakiman. 2020. Pembelajaran daring pada mahasiswa. Jakarta. Eko Putro.

Lasmaida Y, Zakir H. 2020. Pengaruh Tingkat Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS Pada Mta Pelajaran Ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Jurnal Pendidikan ekonomi Akutansi FKIP UIR 8 (1). 9-15.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaipul B. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Nasional Raflesia 3(2), 156-170.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.