Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Mal Alfahnum, Maya Masitha Astriani, Nunung Karyasih

Sari


Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia dan menguji efektivitas penggunaan produk media pembelajaran yang  dikembangkan.  Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (research dan development) dengan model pengembangan  Hannafin & Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, fase pengembangan dan implementasi, evaluasi dan revisi dilakukan pada setiap fase. Penelitian dilakukan pada siswa SMP kelas VII dengan sampel berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dengan angket dan tes, pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif. Proses penilaian yaitu penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif dilakukan sepanjang proses pengembangan media pembelajaran, sedangkan penilaian sumatif dilakukan setelah media selesai dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dari segi pengembangan media dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan dari efektivitas penggunaan media terdapat peningkatan yang signifikan untuk kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, T.P.(2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika & Komputasi. Vol.15. No.1 64-74.

Amiroh. (2019). Mahir membuat media interaktif articulate storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Apriliani, P.S., & Radia, H. E. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, vol. 4 No.4. Halm. 994 – 1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Asmara, P.A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tentang pembuatan koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol.15, No. 2, 156-178.

Baharuddin., Halimah, A., Nursalam & Mattoliang, A.N. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Al asma: Journal of Islamic Education. Vol. 2, No. 1.

Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 6, No 1, (104-115). http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp.

Effendi, A. L. (2012). Pembelajaran matematika denngan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan reprsentasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.13 No.2.

Maharani, R. H. & Basir, A. M. (2016). pengembangan media CD interaktif matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika. 7 (1) http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE.

Pratomo, A. & Irawan, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode hannafin dan peck. Jurnal POSITIF. Tahun I, No.1, 14 – 28.

Putra, D.H., Thahiram, F.N., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 6(2), 2018, 82-90.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Utami , W.R & Wutsqa, U. D. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4 (2), 166-175 DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Yuhani, A., Zanthy, S.L., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal pembelajaran matematika inovatif. Vol.1 No. 3. DOI 10.22460/jpmi.v1i3.445-452.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.