Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam Malahayati Pada Materi Aritmatika Sosial

Khoirunnisa Khoirunnisa, Abdul Karim, Muhammad Arifin

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Islam Malahayati pada materi aritmatika sosial. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif desktiptif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII-C SMP Islam Malahayati yang dipilih dari masing-masing kategori kemampuan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 5 butir soal uraian materi aritmatika sosial. hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 57,1%. Indikator kemampuan pemecahan masalah tertinggi adalah indikator merencanakan kemampuan pemecahan masalah dengan persentase sebesar 81,3% dan indikator terendah adalah indikator memeriksa kembali dengan persentase sebesar 26,7%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achdiyat, M., Kasyadi, S. & Suhendi, H. (2015). Dasar Pendidikan Sebagai Pengantar. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46.

Amir, M.F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 34-42.

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.

Annizar, A. M. R., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada topik geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39-55.

As’ari, Abdur Rahman, dkk. (2016). Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ati Sukmawati. (2015). Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 92.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170-176.

Fajrin, H. S., & Liberna, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Barisan dan Deret. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 15-28.

Fatmawati, H., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).

Hakim, A.R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 196-207.

Isnanigrum, Idha. (2018). Filsafat MIPA. Jakarta: Unindra Press.

Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 19-40.

Novitasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa kelas IX SMP dengan Menggunakan Soal Programme For International Student Assesment (PISA) Pada Konten Ruang dan Bentuk (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurdin, I. & Hartati. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cempaka.

Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.

Pardimin, Sri A.W, Indriyati E.P. (2017). Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1).

Pusat Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1).

Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Banjarmasin: Thema Publishing.

Rina & Bahar, E.E. (2021). Proses Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII Mts.N 4 Enrekang. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 (1): 89-105.

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 59-66.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-26. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Surya, E., Putri, F.A., & Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.

Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85-94.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.