Eksplorasi Etnomatematika Pada Jajanan Tradisional Khas Betawi
Sari
Etnomatematika menjelaskan atau mengajarkan tentang matematika yang berkaitan dengan budaya. Salah satunya adalah jajanan tradisional khas Betawi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan etnomatematika dan mengidentifikasi konsep matematika pada jajanan tradisional khas Betawi yang ada di perkampungan budaya Betawi setu babakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengolah data dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada bentuk jajanan tradisional Betawi yaitu unsur geometri seperti segi empat, segitiga, lingkaran, kubus, balok dan kerucut.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian Karakter Tokoh Pandawa dalam Kisah Mahabharata Diselaraskan Dengan Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-624. http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/284/412
Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). Studi Etnomatematika Pada Makanan Tradisional Cilacap. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210-218. Retrieved from http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/5980
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 4(2), 120-135. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9761
Febrianti, N. F. & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi Geometri pada Jajanan Tradisional di Lamongan Sebagai Implentasi Etnomatematika di Sekolah Dasar. JPGSD. 9(1), 1530-1541. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39293
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 217-232. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 106-114. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196
Umayah., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075.
Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.