Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Hybrid Learning Materi Trigonometri Kelas X SMA

Fitri Indriyani, Rizki Eka Syahputri, Endah Nurjanah, Jayati Puspita, Asni Apriani, Agus Priyanto

Sari


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran hybrid learning materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.  Sampelnya seluruh siswa kelas X SMA Bina Ruhama dan MA Al-Basit, penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive, melibatkan 4 subjek mewakili 4 kelompok hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian dan kesimpulan.  Berdasarkan klasifikasi hasil ditemukan dari 27 siswa SMA Bina Ruhama memiliki nilai mutu A sebesar 7,41%, nilai mutu B sebesar 0%, nilai mutu C sebesar 25,93%, dan nilai mutu D sebesar 66,67%.  Sedangkan 22 siswa MA Al-Basit yang memiliki nilai mutu A sebesar 4,55%, nilai mutu B sebesar 0%, nilai mutu C sebesar 13,64%, dan nilai mutu D sebesar 81,82%.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran hybrid learning materi trigonometri masih rendah, hal ini dibuktikan dari 49 responden yang presentase nilai dibawah KKM lebih dari 50%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brian J. Beatty.(2007, October). Hybrid classes with flexible participation options – If you build it, how will they come?. Paper presented at the 2007 Association for Educational Communications and Technology Annual Convention (October), Anaheim, CA. San Francisco State University from http://surl.li/clejz

From http://surl.li/cleps

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Lusi Nuraeni, Huri Suhendri, & Aulia Masruroh. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Kelas Viii Smp. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 159–171. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.34

Martapura tahun pelajaran 2016-2017. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 145–154. https://doi.org/10.33654/math.v3i3.67

Putri, S. R. D. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Spare Part (Studi pada AHASS Setio Motor). Doctoral Dissertation, STIE PGRI Dewantara, 43–51. http://repository.stiedewantara.ac.id/1947/5/14. BAB III.pdf

Reka Ikraami Kurniawan, Hepsi Nindiasari& Yani Setiani.(2020). analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2): page 151. http://surl.li/clekz

Republik Indonesia.2003. UU Nomor 20 Tahun 2003. Tentang system Pendidikan nasional.

Sairoji, A., Huriaty, D., & Ranti, M. G. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa melalui blended learning pada materi trigonometri di kelas X Farmasi 1 SMK Negeri 1

Satria. (2012). Mutu Pendidikan Matematika di Indonesia Masih Rendah. Universitas Gadjah Mada, 2. http://surl.li/cleki

Siaran Pers UNESCO menunjukkan 40% negara termiskin gagal mendukung pelajar yang berisiko selama krisis COVID-19 dan mendesak inklusi dalam Pendidikan (http://surl.li/clene)

Wulandari, Y. (2017). Implementasi Kompensasi Tunjangan Tambahan Penghasilan (Ttp) Dalam Mengoptimalkan Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13. http://repository.unpas.ac.id/28011/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.