Pengembangan LKS Materi Geometri Ruang Pada Kue Dongkal Khas Jakarta Berbasis Etnomatematika

Annisa Dessy Fitriyani, Indra Martha Rusmana, Yogi Wiratomo

Sari


Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) materi bangun ruang pada kue dongkal berbasis etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan menurut borg and gall. Hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh persentase nilai sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, persentase nilai oleh ahli media sebesar 68% dengan kriteria cukup layak dan persentase penilaian guru sebesar 82 % dengan kriteria layak. Serta hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi tersebut, Lembar Kerja Siswa (LKS) ini dinyatakan layak dan praktis untukdigunakan sebagai media pembelajaran..

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrillia, D. (2021, September). Mengenal Kue Dongkal, Jajanan Khas Betawi yang Semakin Sulit Ditemukan. Good News From Indonesia. Diakses pada 2 Juni 2022 melalui https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/09/17/mengenal-kue-dongkal-jajanan-khas-betawi-yang-semakin-sulit-ditemukan

Agasi, G. R., & Wahyuono, Y. D. (2016). KAJIAN ETNOMATEMATIKA : STUDI KASUS PENGGUNAAN BAHASA LOKAL UNTUK PENYAJIAN DAN PENYELESAIAN MASALAH LOKAL MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Depdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Filosofi Kerucut Kue Dongkal, Jajanan Manis Asal Betawi yang Semakin Langka. (2021, November). DAAI TV. Diakses pada 2 Juni 2022 melalui https://www.daaitv.co.id/DAAI-WP/2021/11/09/filosofi-kerucut-kue-dongkal-jajanan-manis-asal-betawi-yang-semakin-langka/

Juni Tamara, K., Astuti, R., & Saputro, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika pada Rumah Tradisional Melayu Bermuatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(1).

Kusumaningsih, W., Sutrisno, & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran SAVIdan REACTBerbantuan LKSterhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2).

Mandranitiya, W., & Susilowibowo, J. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3).

Mawadah, N. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VI SD [Skripsi]. In FKIP Universitas Lampung. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1).

Novelia, R., Rahimah, D., & S, M. F. (2017). PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII.3 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1).

Pratiwi. Irena Yuli Setyanthiana, Tandililing, E., & T, A. Y. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSUMBER KEBUDAYAAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11).

Rachmawati, I. (2015). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT SIDOARJO. MATHEdunesa: Program Studi Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya.

Sagita, D. (2016). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Sari, K. N. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Utama, R., Anriyani, N., & Hendrayana, A. (2019). Pengembangan bahan ajar berorientasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMA pada materi peluang. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1).

Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). ETNOMATEMATIKA DALAM RAGAM HIAS MELAYU. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Widyastuti, R. N. (2016). PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA EDUTAINMENT BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.