Kemandirian Belajar Melalui Pengenalan Alat Peraga Matematika pada Siswa Sekolah Dasar

lasia Agustina

Sari


Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan alat peraga matematika kepada siswa sekolah dasar. Dari hasil pengamatan , siswa sangat antusias mengikuti kegiatan yang diberikan. Dengan melakukan pendekatan berupa pengenalan alat peraga, dan juga menjelaskan kegunaan serta cara memakai alat tersebut, siswa lebih aktif dan antusias mencoba untuk mempelajari sendiri. Siswa  juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Antusiasme, bertanya dan menjawab yang ditunjukkan memberikan gambaran bahwa metode pembelajaran yang aplikatif memberikan manfaat yang lebih baik dibandingkan pembelajaran yang diberikan secara teoritik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M dan Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mustamin, Hasmiah, St. (2018). Penggunaan Alat Peraga Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V. AULADUNA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol.5 No.2, Desember 2018, pp. 170-182.

Nurhasanah, Winda Faidatul. (2013). Artikel Media Pembelajaran. (https://windawiyon.blogspot.com/2013/06/artikel-media-pembelajaran.html diakses pada 4 Juli 2019)

Pannen, Paulina., dkk. (2001). Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Ruseffendi, E.,T. 2005. Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Edisi Kelima, Bandung : Tarsito.

Suharjana, Agus dan Sukayati. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.

Suherman, E.,dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : UPI.

Suid, dkk. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol.1 No.5 April 2017 hal.70-81.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.