Pengaruh Penggunaan WhatsApp terhadap Hasil Belajar Matematika Arsitektur 2 pada Masa Pandemi

Ukti Lutvaidah, Muhammad Sega Sufia Purnama

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan whatsapp terhadap hasil belajar matematika arsitektur 2 pada masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan design berupa one group pre-test-post test. Sampel penelitiannya yaitu mahasiswa kelas reguler sore S2A Program Studi Arsitektur Universitas Indraprasta PGRI Jakarta yang berjumlah 47 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan whatsapp terhadap hasil belajar matematika arsitektur 2 pada masa pandemi. Simpulannya, penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan whatsapp berpengaruh pada hasil belajar matemtika arsitektur 2 pada masa pandemi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the Number Concepts Through Learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Apriansyah, & Antoni, D. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2), 64. https://doi.org/10.32502/digital.v1i2.2371

Catanach, A. H., & Fieldmann, D. (2010). Advances in Accounting Education: Teaching and Curriculum Innovations. Bingley: Emerald Group Publishing Limited.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Irwandi, Lusiana, Hartati M.S., Norpiyeni. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 166–174. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Munawaroh, I. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 9 di SMP N 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Volume 1 No. 9. Tasikmalaya

Nugraha, S. A., Bayu, Rani, & Suswandari, M. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital

Class Platform Edmodo. Repository.ut.ac.id. hal. 593–607. Universitas Terbuka.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Suryadi. 2018. Penggunaan Media Sosial WhatsApp Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. Skrispi Tidak Diterbitkan. Jurusan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah.

Thahir, N. L., Patahuddin, Jafar, J., & Amri. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi WhatsApp terhadap Pembelajaran Daring (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UM Parepare). Journal of Biology Learning, 3(1), 34-40. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1349

Utomo, S.W., Ubaidilah M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 199–211. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211

Yensi, N A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Matematika Raflesia. 5(2), Hal. 65 – 74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.