Analisis Kemampuan Kreativitas Siswa Pada Pengaplikasian Materi Trigonometri Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Risalati Alfin Hasanah, Maria Karoline Kewa, Sella Indria, Elma Yulianti, Nopita Sari

Sari


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan kreativitas dalam pengaplikasian materi trigonometri pada kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya 35 siswa kelas X dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Intrumen yang digunakan berupa tes kemampuan, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa dari 35 siswa terdapat 6 siswa dengan kemampuan koneksi kategori rendah, 21 siswa dengan kemampuan koneksi kategori sedang dan 8 siswa dengan kategori tinggi. Dari banyak nya data kemampuan cenderung berada pada kategori rendah. Pada kategori rendah, siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika tetapi masih ada yang kurang teliti. Sedangkan pada kategori tinggi sudah memahami konsep matematika sangat baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriansyah, I. F. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving, 108-110.

Ahdiat, A. (2022, mey 14). 10 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik, Siapa Juaranya? Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/

Arifah, s. n. (2022, january 24). Hari Pendidikan Internasional, Bagaimana Tingkat Pendidikan di Indonesia Saat ini? Retrieved from goodnews from indonesia: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/24

Dewanti, S. S. (2011). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Karakter Bangsa Melalui Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta, 29–37.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. E-DuMath, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 155–163. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/460/264

Fauziah, E. W., Sunardi, S., & Kristiana, A. I. (2016). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Pengajuan Masalah Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 12 Jember. Jurnal Edukasi, 2(2), 1–6.

Hakim, A. R. (2015). Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Spiritual Dan Sikap Peserta Didik Pada Pelajaran Matematik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Jakarta 26 Agustus 2015, 47-54.

Komala, E. (2017). Mathematical Resilience Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Menggunakan Pendekatan Explisit. Jurnal “Mosharafa,” 6(3), 357–364. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_5/328

Machromah, I. U., Riyadi, R., & Usodo, B. (2015). Analisis Proses Dan Tingkat Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Bentuk Soal Cerita Materi Lingkaran Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(6), 613–624.

Maharani, H. R. (2014). Creative Thinking In Mathematics : Are We Able To Solve Mathematical Problems In A Variety Of Way. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 120–125.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Journal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41.

Mufidah, I. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Segiempat Dan Segitiga Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Di Kelas VII SMPN 1 Driyorejo. MATHEdunesa, 3(2), 113–119. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/8689/8755

Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69

Sintya, W. K., Purwanto, A., & Sakti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 7–12.

Siswono, T. Y. E. (2008). Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Syam, A. S. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 19(1), 939-946. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/883/pdf

Umayah. Hakim, A. R. & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075.

Winiarsih, I. Hakim, A. R. & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.