Peran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Mempelajari Konsep Penentuan Nada Bahasa Thailand

Andri Suryana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kemampuan pemecahan masalah matematis dalam mempelajari konsep penentuan nada Bahasa Thailand. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta les Bahasa Thailand yang memiliki latar belakang pendidikan matematika dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan beragam instrumen. Adapun instrumennya adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta les yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis ternyata memiliki kemampuan dalam memahami, merencanakan strategi, melaksanakan strategi, serta memeriksa kembali kebenaran solusi dari permasalahan terkait konsep penentuan nada. Oleh karena itu, peserta les dengan latar belakang pendidikan matematika yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dapat mempelajari konsep penentuan nada Bahasa Thailand dengan baikdan tidak kalah dengan peserta les dengan latar belakang pendidikan bahasa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayu, C. dan D. Viora (2018). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika (IIIB) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai pada mata kuliah bahasa inggris ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5): 1127-1143.

Dewi, N.R. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan self-efficacy mahasiswa melalui brain-based learning berbantuan web. Published Dissertation. Bandung: UPI.

Gunawan, A. (2013). Studi eksplorasi pemanfaatan e-learning oleh siswa dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Klaten.Yogyakarta: UNY.

Hendriana, H. dan U. Soemarmo (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Long, T. (2018). Analisis kontrastif fonologi bahasa thailand dan bahasa indonesia. Makasar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Maiseng, M. F. (2019). Analisis kontrastif konjungsi bahasa Thai dengan bahasa Indonesia. Medan: UMSU.

Sakulpimolrat, S. (2018). Bahasa thai bahasa sahabatku. Bogor: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud RI.

Sugiyanto, dkk. (2018). Panduan kerjasama: Pertukaran dosen dan mahasiswa politeknik kesehatan kementerian kesehatan dengan perguruan tinggi di luar negeri. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sugiyono (2018). Metode penelitian kombinasi (Mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Suryana, A., dkk. (2022). Studi eksplorasi pada nada bahasa Thailand dalam perspektif etnomatematika. JKPM, 7(2): 181-192.

Wahyuni, S. (2021). Menilai kesulitan belajar matematika dengan pengantar bahasa inggris materi logaritma kelas X bilingual MA Negeri 3 Palembang. Jurnal Perspektif, 14(1): 180-194.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.