Pengaruh Sistem Pembelajaran Luring Terhadap Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Cibarusah

Gilang Pandu Aryanto, Elvina Dwiyanti, Mohammad Reza Fauzi, Ahmad Maulana, Fu'Ad Faizal Hasyim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh sistem pembelajaran luring terhadap prestasi akademik siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan MIPA angkatan 2021/2022 di SMA Negeri 2 Cibarusah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Adapun yang dijadikan sumber data adalah nilai UH dan UKK, serta wawancara kepada pengajar dan siswa. Kemudian, hasil dari penelitian ini adalah sebanyak 100% siswa mendapat nilai di atas KKM saat pembelajaran dan ujian (UH) dilakukan secara daring, namun hanya 5% siswa yang tetap mendapat nilai di atas KKM saat pembelajaran dan ujian dilakukan secara luring. Sehingga, sistem pembelajaran luring mempengaruhi nilai prestasi akademik siswa.  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarita, J. (2020). Pembelajaran Luring. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Farhan, M., & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont dan Kemampuan Penalaran Matematis pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687- 1698. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Hakim, A. R. (2015). Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Spiritual Dan Sikap Peserta Didik Pada Pelajaran Matematik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Jakarta 26 Agustus 2015, 47-54.

Hardiansyah, M. A., dkk. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1784/pdf

Indraningtyas, S., Dhamayanti, W. & Sastrosupadi, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Luring dan Model Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Siswa Metta School. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 105-113. https://media.neliti.com/media/publications/521426-none-213c4bb2.pdf

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational Technology as One of The Terms For Enhancing Public Speaking Skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154-159.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disesase (Covid-19).

Purwanto, A., dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal EduPsyCouns. 2(1), 1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397/223

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.

Winiarsih, I. Hakim, A. R. & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.