Analisis Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika

Farah Indrawati

Sari


Penelitian eksperimen yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Treffinger berperan terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Sampel penelitian yang berjumlah 30 orang peserta didik ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji Liliefors untuk uji normalitas, serta uji F untuk uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan (a) = 0,05, mendapatkan nilai thitung (13,146) lebih besar dari nilai ttabel (2,002) dengan derajat kebebasan (dk) = n = 30 – 1 = 29. Hal tersebut mengakibatkan H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor tes awal (Pre-test) dengan tes akhir (Post-test). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger mempunyai peran terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Kemampuan komunikasi matematika peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Treffinger berbasis kreatif pada pembelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, P., Syaodih, E., Lisnawati, C., (2015), Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akutansi, Vol. 1, No.1, hal. 33-46.

Anggraini, L. P., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMPN 13 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). Hal 100-105.

Ansari, B. I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Fachrurazi (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa. Tesis pada PPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Fathani, Abdul Halim. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Hanafiah, Nanang dan Suhana Cucu. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hasruddin, Harahap, Fauziyah, Mahmud, (2018), Efektivitas Penerapan Perangkat Perkuliahan Mikrobiologi Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pendidikan Biologi Unimed, Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 11, No.1, hal. 51-54, ISSN; 1693-265X.

Huda, Miftahul. (2014). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Janah, A.M. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Bambanglipuro. Prodi Matematika UPY. Retrieved from: http://repository.upy.ac.id/1424/

Mufiannoor, E., Hidayat, T., Soetjipto, (2016), Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemahaman Konsep Dengan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya, Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana, Vol. 5, No. 2, ISSN: 2089 – 1776.

Muliyani, Leny, Suharto, (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017, Journal of Chemistry and Education, Vol. 1, No.1, hal: 86-92.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

NH Kusumaningrum. (2017). Peningkatan Kemampuan Cara Mengkritik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Strategi Critical Incident pada Siswa Kelas VI MI Al-Hidayah Benowo Surabaya. Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/15842/

Sani, R.A, & Hayati, Y. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz Media.

Sinaga, C. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika. Universitas Negeri Medan. https://www.researchgate.net/publication/321835644

Suaidinmath. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Langkah-Langkahnya. https://suaidinmath.wordpress.com/2015/01/22/model-model-pembelajaran-dan-langkah-langkahnya/

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Y., (2014), Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol. 1, No. 2.

Sunata. (2009). Penerapan Pembelajaran Kreatif Model Treffinger untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi FPMIPA UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Ulfatin, N., Teguh Triwiyanto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Ulya, H., dan Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6 (1): 48-55.

Wirahayu, Y., Purwito, H., Juarti, (2017), Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Keterampilan Berpikir Divergen Mahasiswa, Journal Pendidikan Geografi, No.1, Hal. 30.40, ISSN: 0853-9251.

Yunus, M., (2018), Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas SMP Negeri 6 Kota Ternate, Jurnal Hibualamo, Vol. 2, No. 1, ISSN: 2549-7030.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.