Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dan Minat Belajar terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa

Soeparlan Kasyadi, Virgana Virgana

Sari


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperative tipe jigsaw dan minat belajar terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. Sampel penelitian ini adalah 48 siswa kelas 8 pada SMP Negeri di Jakarta Barat. Penelitian menggunakan skala likert untuk mendapatkan data tentang minat belajar dan soal pilihan ganda untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan literasi mathematika siswa. Analisis data menggunakan analisis varians (ANOVA) dua arah dengan 2 x 2. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw terhadap peningkatan kemampuan literasi mathematika siswa, pengaruh minat belajar terhadap peningkatan kemampuan literasi mathematika siswa, dan pengaruh interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan minat terhadap kemampuan peningkatan kemampuan literasi mathematika siswa. Dengan harapan penelitian ini dapat memeberikan masukan bagi para guru matematika serta para peneliti lainnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Evcim, H., & Ipek, Ö. F. (2013). Effects of jigsaw II on academic achievement in English prep classes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70(2013), 1651–1659. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.236

Feng, L., & Ha, J. (2016). Effects of Teachers’ Information Literacy on Lifelong Learning and School Effectiveness. EURASIA Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 13(6), 1653–1663. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1575a

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitra, 1(1), 1–8.

Hossain, A., & Ahmad, R. (2013). Effects of cooperative learning on students ’ achievement and attitudes in secondary mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93(2013), 473–477. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.222

Inapi, M. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 12. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.4135

Kress, G. (2006). Literacy in the New Media Age (review). Language (Vol. 82). https://doi.org/10.1353/lan.2006.0242

Lavasani, M. G., & Khandan, F. (2011). The effect of cooperative learning on mathematics anxiety and help seeking behavior. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15(2011), 271–276. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.085

Monicca, Subkhan, & Setiyani, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di SMK Palebon Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 414–426.

Nadip, P. D. T. (2015). Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118–124.

Navarro-pablo, M., & Gallardo-saborido, E. J. (2015). Teaching to Training Teachers through Cooperative Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(2014), 401–406. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.136

OECD. (2018). PISA 2015: Results in focus. Pisa 2015. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17–26.

Putra, Y. Y., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4 , 5 , 6 menggunakan Konteks Lampung. Kreano, 7(1), 10–16.

Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2017), 67–74. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6448

S. Srilakshmi. (2016). a Study on Educational Interest of Higher Secondary School Students. Innovare Journal of Education, 4(2), 1–5. Retrieved from http://irji.in/images/S. Srilakshmi.pdf

Sahimin, Nasution, N., & Sahputra, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo. Edu Riligia, 1(2), 1–15.

Şengül, S., & Katranci, Y. (2014). Effects of jigsaw technique on seventh grade primary school students ’ attitude towards mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2014), 339–344. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.218

Simalango, M. M., & Aisyah, N. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA pada Konten Change and Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 INDRALAYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2143.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 117–125. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5641

Trisniawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X Sma Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 06(02), 51–60.

Virgana, V. (2016). Stad Problem Solving Minat. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 297–308.

Yeni, E., Hardianto, & Suwandi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.