Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII

Iren Anggraini, Witri Lestari

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 282 Jakarta Utara dalam menyelesaikan soal aljabar. Dengan menggunakan langkah-langkah polya. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 282 Jakarta Utara sebanyak 39 orang. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dan didasarkan dari tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Subjek yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulann data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa dengan kategori tinggi mampu memahami masalah dengan baik, akan tetapi kurang teliti. 2) Siswa dengan kategori sedang hanya mampu pada tahap memahami. 3) Siswa kategori rendah belum mampu mengerjakan soal yang diberikan dengan benar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, F. (2016). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Materi Aljabar Dengan Strategi Polya Dalam PBL Pendekatan Scientific. Under Graduates Thesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang http://lib.unnes.ac.id/28964/

Jabar, A. (2015). Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2): 80-87

Mahanani, L.G., & Murtiyasa, B. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis TIMSS Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 1 Mojosongo Tahun 2015/2016. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Surakarta: Hal. 1-7 http://eprints.ums.ac.id/42496/

Novitasari, D. (2019). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Dengan Menggunakan Soal Model Programme For International Student Assesment (PISA) Pada Konten Ruang Dan Bentuk". Skripsi. Lampung: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan http://repository.radenintan.ac.id/8370/1/SKRIPSI%20%20DEWI.pdf

Pasaribu, V. (2021). “Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa”. Skripsi. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.