Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Minat dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Erna Pebriana, Bela Mustika Sari

Sari


Guru merupakan salah satu penyebab dari menurunnya minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran tidak lepas dari adanya keberadaan seorang guru. Tanpa adanya seorang guru proses pembelajaran akan sulit dilakukan, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam berjalannya proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika guru perlu memperbaiki bagaimana cara mengajar yang baik dan bagaimana memilih model pembelajaran yang efektif dalam meningkatan minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Model Quantum Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang butuh waktu lama dalam penerapanya namun sangat efektif guna membuat perubahan pada minat belajar siswa sehingga akan berdampak pada hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 6(2), 141–148. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hidayat, H. (2010). Kefektifan pendekatan quantum learning dalam peningkatan nilai mata kuliah nahwu 1. Jurnal Saung Guru, 1(2).

Komalasari, S. R., & Leonard, L. (2018). Model pembelajaran simas eric dengan strategi pembelajaran pugas dan Paksa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 346–359.

Mahanal, S. (2017). Peran guru dalam melahirkan generasi emas dengan keterampilan abad 21*). (September 2014).

Munandar, S. . U. (2002). p. In Kreativitas & Keberbakatan; Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: (p. 2002). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pebriana, E., Sari, B. M., & Abdurrahman, Y. (2019). Modifikasi model pembelajaran quantum learning dengan strategi tugas dan paksa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(20), 407–416.

Rahayu, T., Joyoatmojo, S., & Wahyuni, S. (2016). Penerapan model pembelajaran quantum learning dengan metode peta pikiran (mind mapping) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajarai ekonomi kelas X MIA 1 SMA N 5 Surakarta Tahun pelajaran 2015/2016. 1–21.

Sambada, D. (2012). Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. 2(2), 37–47.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa PAI. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43. https://doi.org/http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/750/659

Suparmi, suparmi, & Sabari, J. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas, motivasi, dan prestasi belajar IPS dengan menggunakan metode partisipatif. Suparmi1, John Sabari2.

widyawati, S. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika (IAIM NU) metro santi. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 107–114. Retrieved from fredigpsw@gmail.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.