Analisis hambatan belajar siswa MTs Attahiriyah pada materi statistika dari sudut pandang cara mengajar selama pembelajaran online

Vanda Claudia Pribadi, M Tohimin Apriyanto

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa dan faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika dalam pembelajaran online.Subjek pada penelitian ini siswa kelas IX MTs. Attahiriyah Tebet yang berjumlah 24 orang. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus (CaseStudy). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes berupa tes uraian sebanyak 7item soal dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis kesulitan siswa yang berkaitan dengan tiga objek matematika yaitu konsep, pemahaman, dan operasi. Persentase kesulitan dalam pemahaman konsep sebesar 38% dikategorikan tinggi, kesulitan dalam operasi perhitungan sebesar 33% dikategorikan sedang, dan kesulitan dalam memahami maksud soal sebesar 30% dikategorikan rendah. Faktor penyebab yang dialami siswa ada dua yaitu: (1) factor internal siswa yang meliputi factor intelektual, factor emosional, minat dan konsentrasi belajar. (2) faktor eksternal siswa yang meliputi faktor pedagogis yaitu cara mengajar guru dan faktor sosial serta faktor penunjang belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, R. (2014). Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ali Sadikin & Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6 (2): 214-224.

Apriyanto, M. T. ., & Farhan, M. . (2021). Merancang Pembelajaran Matematika Daring Sederhana Dengan Aplikasi Whatsapp Kombinasi Google Classroom Pada Masa Pandemi. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 115–128. Retrieved from http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/126.

Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Brier, J. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali. 21(1), 1-9.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. (GXNDWLI -XUQDO,OPX3HQGLGLNDQ, 2(1), 55-61.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.6.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. 1–10. Diambil dari http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30518

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Bandung: STKIP Siliwangi.

Wulan, Ana Ratna. 2007. Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran. JUrnal, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=6wz6W28AAAAJ&citation_for_view=6wz6W28AAAAJ:UeHWp8X0CEIC


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.