Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Maya Nurfitriyanti, Mara Vitalaya

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan membandingkan kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Wisata Indonesia Jakarta Selatan kelas X tahun ajaran 2018/ 2019 dengan teknik sampling yang digunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran matematika bentuk soal uraian sebanyak 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh thitung = 2,7059> ttabel= 1,6866 yang berarti terdapat pengaruh strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan pemecahan maasalah matematika siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ermi, E. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Pendekatan Metakognitif Kelas VI di SDN 153 Pekanbaru. Jurnal Indragiri, 1(2): 1-29.

Lahinda, Y. & Jailani. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1): 148-161.

Siahaan, Friska Bernadette, dkk. (2010). Pengaruh Strategi React dan Sikap Siswa terhadap Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 128-136.

Safriadi. (2017). Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Mudarrisuna, 7(1): 47-65.

Tojibah, M. (2017). Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. Edu Research, 1(1): 25-49.

Wahyuddin. (2016). Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sabangparu Kabupaten Wajo. Jurnal Daya Matematis, 4(1): 72-82.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.