Pengaruh Motivasi Belajar dan Curiosity Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor

Hawa Liberna, Seruni Seruni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model analisis statistic deskriptif analisis jalur. Populasi adalah siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor dengan besar sampel sebanyak 50 siswa , dengan teknik sampling yang di gunakan adalah sampling random. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner untuk variabel motivasi belajar dan curiosity, instrumen yang digunakan untuk pengujian kemampuan berpikir kreatif matematis berupa butir soal essay. Hasil pengujian diperoleh sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,460. 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan curiosity terhadap kemampuan berpikir kreatif  matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,917. 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi belajar terhadap Curiosity. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000 < 0,05 dan thitung = 15,753. 4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan motivasi belajar melalui curiosity terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung  = 5,774   >  ttabel  =  1,678.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.M, Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Arifin, Zainal.

Engel, Blackwell, and Miniard. (2012). Consumer Behavior. Singapore. Cangage Learning Asia pte ltd

Fathurrohman, P. (2014). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: Redaksi Refika Aditama.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Prayitno dan Widyantini. (2011). Pendidikan Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jakarta : Kemendiknas (PPPPTK)

Siswoyo,D. et al. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press.

Sulistianingsih,P. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. 01(2), 129-139

Uno, H. (2006).Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara: Jakarta

Zaenal, T. dkk. (2019). Tuntunan Praktis Pengolahan Data penelitian dengan Bantuan Program SPSS. PT. Pustaka Mandiri: Tangerang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.