Identifikasi Kesalahan Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linier

Muhamad Farhan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan matematis yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal program linier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi hasil jawaban mahasiswa dengan menggunakan alat tes berupa soal essay (uraian) sebanyak 2 soal. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta tahun akademik 2018/2019. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan careless error sebesar 62,5%, kesalahan sistematis dan kesalahan acak sama sebesar 8,33% untuk soal nomor 1 dan kecerobohan sebesar 66,66%, kesalahan sistematis dan kesalahan acak sama sebesar 16,67%  untuk soal nomor 2. Kesalahan tersebut mencakup kesalahan memahami masalah, kesalahan membuat model matematis, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan membuat kesimpulan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Farhan, M. & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2): 121-134. Diambil dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3843.

Haryadi, R., & Nurmaningsih. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus. Jurnal Elemen, 5(1): 1–11.

Diambil dari http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel.

Irawati, S. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linier. SIGMA, 1(1): 29-34.

Diambil dari http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/110.

Puspitasari, I., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1): 39-46. Diambil dari http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1569.

Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Ahmad Dahlan. 297-303. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/392.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.