Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW)

Susilawati Susilawati, Indra Martha Rusmana Martha Rusmana, Dadan Amdani

Sari


aaaa 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR RUJUKAN

Arends, Richard I. 2008. Learnig To Teach: Belajar Untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Cetakan kedelapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi, Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Anggota IKAPI: Ghalia Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24. Jakarta: Depdiknas.

Effendy, Onong Uchjana. 1984. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: Remadja Karya Offset.

Gunawan, Ridwan Panji. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis. http://proposalmatematika23.blogspot.com/2013/02/kemampuan- komunikasi-matematis.html (di akses tanggal 21 Januari 2015)

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Isrok’atun. 2009. Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Pendidikan Dasar. Nomor 12 Oktober 2009.

http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_12

- Oktober_2009/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_STRAT EGI_KOOPERATIF_TIPE_STUDENT_TEAMS_ACHIEVEMENT_DIV ISIONS_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI

_MATEMATIK_SISWA.pdf (di akses 16 Maret 2015)

Juandi, Dadang. 2008. Pembuktian, Penalaran, dan Komunikasi Matematik. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196401171992021-

DADANG_JUANDI/PENALARAN_DAN PEMBUKTIAN.pdf (diakses tanggal 21 Januari 2015)

Kariani, Ribka. 2013. Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Sikap Positif Siswa Terhadap Matematika. Tesis. Medan: Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Master-29635- 8106172047%20Bab%20V.pdf. Diakses pada 22 Januari 2015.

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Moekijat. 1993. Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju

Muslich, Masnur. 2013. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Nugroho, Prasetya Adhi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. http://eprints.uny.ac.id/2119/1/SKRIPSI_nyong.pdf. (dikases 6 Maret 2015)

Purbayanti, Endang. 2007. Strategi Mengaktualisasikan Kecakapan Siswa Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Denan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi tidak dipublikasikan. Madiun: Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Qohar, Aqr. 2006. Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. Lomba dan Seminar Matematika XIX. http://eprints.uny.ac.id/6968/1/Makalah%20Peserta%204%20%20Abd.%20Qohar2.pdf. (di akses tanggal 22 Januari 2015)

Robbins, Stephen P.; Judge, Timothy A. 2008. Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sari, Tri Novita. 2011. Upaya Meningkatkan Aktifitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Skripsi tidak dipublikasikan. Madiun: Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Slavin, Robert E. 2013. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suhaedi, Dedi. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 10 November 2012. http://eprints.uny.ac.id/7593/1/P%20-

%2020.pdf (di akses 22 Januari 2015)

Sumarmo, Utari. 2006. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah. Artikel FPMIPA UPI, Desember 2006. https://www.academia.edu/4609768/Sumarmo_Pembelajaran_Keterampilan_Membaca_Matematika_pada_Siswa_Sekolah_Menengah (Di Akses 4 Maret 2015)

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Paraton.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=133689&val=5628&t itle= (diakses 29 Januari 2015)

Wahyuni, Anik Puji. 2014. Pengaruh Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP. Skripsi tidak dipublikasikan. Madiun : Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Yamin, Martinis & Bansu I. Ansari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi.

Yulita, Elsi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pembelajaran MIPA. Volume 1 Nomor 1. (dalam http://ojs.stainbatusangkar.ac.id/index.php/edusainstika/article/viewFile/24 8/240). Diakses pada 22 Januari 2021.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.