Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas VII SMP Bekasi

Condro Endang Werdiningsih

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap berfikir kreatif pada siswa kelas VII SMP di Bekasi. Adapun hipotesis dari peneliti ini dapat dirumuskan yaitu : “Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif pada siswa kelas VII smp Bekasi”. Metode penelitian yang dugunakan dalam menganalisis berfikir kreatif siswa adalah teknik eksperimen dengan uji analisis, uji beda rata-rata. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPI IBNU HAJAR Bekasi yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 22 kelas eksperimen dan 22 orang pada kelas kontrol. Instrumen tes digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk essay sebanyak 15. Uji persyaratan analisis data terdiri dari uji homogenitas dengan uji fisher dan uji normalitas dengan uji chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukan kedua kelompok data berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif pada siswa khususnya siswa kelas VII SMPI IBNU HAJAR Bekasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angkasawaty, Valentina. (2010). Berpikir Matematis. Jakarta: Pasagimandiri Perkasa.

Ishaq dan Krisna. (2013). Analisis Korelasi Kemampuan Berifikir Kreati Matematik terhadap Hasil Belajar Matematik Peserta Didik SMPN 3 Lurungagung Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmiah. http://eprints.ums.ac.id/33101/12/7.pdf. Diakses 1 Desember 2018.

Munandar. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian (Edisi Revisi). Jakarta: Ufuk Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.