Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika

Nurhayati Nurhayati, Novi Marliani

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam peningkatan kemampuan penalaran matematika. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan.  Penelaahan terhadap buku-buku dan artikel ilmiah dilakukan untuk menjadi kajian tentang peran model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika. Data sekunder yang kemudian disintesis hingga menjadi kesatuan dalam memberikan informasi. Pada pembelajaran melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament, siswa melakukan turnamen yaitu setiap kelompok mewakilkan anggotanya untuk kemeja turnamen, dimana pada meja turnamen terdiri dari kumpulan soal-soal dan siswa diminta untuk menjawab soal-soal yang tersedia di meja turnamen secara bergantian, salah satu dari mereka sebagai penjawab soal, penantang dan satu lagi sebagai pembaca kunci jawaban. Dari studi pustaka ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) ini dapat  meningkatkan kemampuan penalaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afgani, J. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ainun, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Peluang Volume 4 Nomor 1 ISSN: 2302-5158. Diakses pada 30 November 2017 pada pukul 07.30 WIB, http://jurnal.unsiyah.ac.id.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Karomah, A. & Lestari, I. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitis terhadap Hasil Belajar Matematika. Dalam Leonard (ed), Eduresearch. Jakarta: Unindra Press. Vol 1.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Yogyakarta: Grasindo.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010) . Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-15. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N. (2009). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Numbered Head Together (NHT) pada Sub Pokok Bahasan Teorema Phytagoras pada Bangun Ruang Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Surakarta: fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Preenamedia Group.

Supardi. (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Publishing House.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Mengoptimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: DEPDIKNAS.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.