Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Penalaran dalam Pembelajaran Matematika

Mawadah Warohmah, Aulia Masruroh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan penalaran dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan membandingkan kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Bekasi kelas VIII tahun ajaran 2018/ 2019 dengan teknik sampling yang digunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran dalam pembelajaran matematika bentuk soal uraian sebanyak 11 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh thitung = 4,29 > ttabel= 2,00 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap kemampuan penalaran dalam pembelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irawan, Deni & Irawan, Ari. (2014). Peran Al-Learn Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif, 4(3), 181-187. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/153/147

Riyanto, Bambang dan Rusdy A. Siroj. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5. No.2 Juli 2011.

Siswana. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang. Jurnal Pendidikan MIPA 5(2), 49-58. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/79

Supardi. U. S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 391–399. https://doi.org/10.1128/JCM.02036-13


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.