Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian di MI Fatahillah Pancoran Jakarta Selatan

Sita Husnul Khotimah, Nofi Maria Krisnawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di MI Fatahillah Pancoran Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan 2 siklus, pada siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktifitas peserta didik mengalami perubahan yang signifikan. Nilai rata-rata post-test siklus I sebesar 72,5 meningkat menjadi 84,4 di siklus II dan rata-rata N-Gain pada siklus I berkisar 0,38 dan meningkat menjadi 0,51 pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan bahwa penerapan pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada pelajaran Matematika materi Perkalian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3): 251-263.

Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Islam Unggulan Miftahul Ulum Bandar Sribhawono Lampung Timur TP. 2015/2016). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1): 69-88.

Mansur, H. R. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Badung: Wacana Prima.

Nadlir, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2): 338-352.

Shoimin, A. (68). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Santiana, N. L. P. M., Sudana, D. N., & Garminah, N. N., (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1): 1-10.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Taruh, E. (2003). Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Kaitannya dengan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan (hlm. 15-29) Gorontalo: IKIP Negeri Gorontalo.

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2): 263-267.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.