Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Akutansi di SMK Paskita Global Jakarta

Desti Wulandari, Nur Indah Sari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika, pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika, dan pengaruh kemandirin belajar terhadap prestasi belajar matematika. Sampel 40 responden. Sampel diambil dengan teknik simpel random sampling. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan data diantaranya: pengujian normalitas menggunakan uji chi kuadrat dan data berdistribusi normal dan pengujian dan pengujian linieritas regresi menghasilkan data yang berpola linier. Analisis hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh hasil: terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Akuntansi SMK Paskita Global Jakarta.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswendo Dwitantyyanov. (2012). Penyusunan Skala Psikologi: Efikasi Diri. http://aswendo2dwitantyanov.wordpress.com/2012/05/15/penyusunan-skala-psikologi-efikasi-diri. Diakses 23 Agustus 2016

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferryansyah. (2011). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Pembelajaran Yang Disertai Penciptaan Kondisi Alfa dan Tanpa Disertai Penciptaaan Kondisi Alfa. Jurnal Ilmu Sosial Vol. 3 No 2. Diunduh 6 Desember 2014

Hetika. (2008). Pengertian Prestasi Belajar Menurut Beberapa Ahli. http://hengkiriawan.blogspot.com/2012/03/pengertian-prestasi-belajar/ Diakses 21 Oktober 2014.

Kurniawati, Dewi. (2010). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Berkepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa SMP N 2 Sewon Bantul. Junal Pendidikan Matematika Vol. 01 No 08. Diunduh 15 Februari 2015

Nurhasanah. (2013). Hubungan EfikasiDiri dan Indek prestasi Keberhasilan Belajar. Jurnal Lembaran Publikasi Ilmiah Pusdiklat Migas Vol. 13 No. 17. Diunduh 4 Maret 2015

Rohmah, Wafrotur dan Rohmawati. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Persepsi Tentang Kompetensi Keguruan Terhadap Prestasi Akademik Mahasisw . Jurnal Ilmiah Konseling Vol. 02 No. 01. Diunduh 6 Desember 2014

Sadirman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Suriasumantri, J. S. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suwarkono, dkk. (2008). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pemantapan Awal di Kelas X SMA Negeri 7 Jakarta. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan Vol. 1 No. 1. Diunduh 15 Februari 2015

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.