Model Pembelajaran Collaborative Learning tipe Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika

Sudiyah Anawati, Idha Isnaningrum

Sari


Tujuan penulisan artikel adalah untuk mengeksplor definisi model pembelajaran  collaborative learning tipe resiprokal teaching yang digunakan pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka membaca dan mencatat, serta menganalisi bahan penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran collaborative learning tipe resiprokal teaching memiliki empat strategi pemahaman tersebut yaitu merangkum bacaan, mengajukan pertanyaan, memprediksi materi lanjutan, dan mengklarifikasi istilah yang sulit dipahami. Sehingga sangat membantu siswa dalam mengeksplorasi dan mengembangkan potensi kemampuan matematika yang dimiliki.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriono, Djoko. (2011). Meningkatkan Ketrampilan Kerjasama Siswa dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Prospektus Jurnal Ilmiah Unirow Tuban, Tahun IX No 2.2 Oktober 2011. 159 – 172. http://ejournal.unirow.ac.id/ojs/files/journals/2/articles/4/public/8.%20joko. pdf. diakses 5 November 2014.

Asrori, M. (2003). Collaborative Team Work Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Bekerja Secara Kolaboratif dalam Tim. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(40): 110–127.

Barkley, Elizabeth, E. dkk. (2005). Collaborative Learning Techniques. San Fransisco: Jossey-Bass. Terjemahan Narulita Yusron. 2012. Collaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif, cetakan 1. Bandung: Nusa Media.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Suriasumantri, J. S. (2009). FilsafatIlmuSebuahPengantar Popular. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Lianasari, Rinda, Noor. (2012). Pengaruh Metode Collaborative Learning Terhadap Motivasi Dan HasilBelajar IPA Siswa Kelas V SD. Skripsi. Program Sarjana Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Liberna, Hawa. & Wiratomo, Yogi. (2014). Metode Pembelajaran Matematika. Penerbit: Mitra Abadi.

Marhamah. (2006). Pemanfaatan Colaborative Learning Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JurnalPendidikan Islam Universitas Islam Jakarta.Vol IX. No 1: 49 – 64.

Maridi.2009. Penerapan Model Collaborative Learning. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS. Vol 6, no 1, 18 Juni 2009: 75 – 87.http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1323.diakses 5 November 2014.

Shadiq, Fadjar. (2013). Apa Dan Mengapa Matematika Begitu Penting? Widyaiswara PPPPTK Matematika..https://fadjarp3g.files.wordpress.com/2009/10/09-apamat_limas_.pdf.diakses 5 November 2014.

Sudarman. (2008). Penerapan Metode Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah Metodologi Penelitian .Jurnal Pendidikan Inovatif Universitas Mulawarman Samarinda, 3(2): 94–100.

Sukrisna, Dea. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning Tipe Reciprocal Teaching Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Supardi. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Lembar Kerja Siswa Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3): 192–207.

Uno, B, Hamzah., Masri, Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.