Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Anna Jayanti, Anggi Ajeng Widyaninggar

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Sampel 42 responden. Sampel diambil dengan teknik simpel random sampling. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan data diantaranya: pengujian normalitas menggunakan uji chi kuadrat dan data berdistribusi normal dan pengujian dan pengujian linieritas regresi menghasilkan data yang berpola linier. Analisis hipotesis penelitian menggunakan regresi ganda. Berdasarkan pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut terdapat pengaruh positif motivasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan terdapat pengaruh positif kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Muhammad Irwansyah Dan Nadun. 2015. Peran Kemampuan Berfikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Dalam Leonard(Editor). Eduresearch Vol. 1. Hal 361. Jakarta: Unindra Press

BSNP. 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta

Desmita.2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Handayani Z, Kartika.2017. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika.Seminar Nasional Matematika: Peran Alumni Matematika dalam Membangun Jejaring Kerja dan Peningkatan Kualitas Pendidikan, . Fakultas Matematika Universitas Negeri Medan. ISBN: 978-602-17980-9-6.http://diglibunimed.ac.id/id/eprint/26892

Hendriana dan Soemarno. 2014. Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung:Reflika Aditama.

Hendriana, Heris, Eusi Eti Rohaeti, Utari Sumarmo. 2018. Hard Skills Dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Hermawan, B. 2013. Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Kemampuan Menulis Pada Materi Melengkapi Cerita Siswa Kelas IV Melalui Model Examples Non Examples di SD Negri 1 Teluk (Tesis). Magister, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Repository.umc.ac.id/2923. Diakses tanggal 27 Februari 2019

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, Witri.2012. Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif:Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 170-181. Doi:10.30998/formatif.v8il.2408

Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP.FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Volume 3, No 2, Oktober 2015.

Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. 2015.Kemampuan Pemecahan Masalah

Mulyadi, Yadi. 2014. Pemecahan masalah matematika. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 1.STKIP Siliwangi Bandung

Muniroh, Khayyizatul. 2010. Implementasi Pembelajaran dengan Model Cooperative S cript sebagai usaha untuk meningkatka kreatifitas dalam pemecahan masalah matematika. Siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Diunduh dari: http://eprints.uny.ac.id/1938/1/Skripsi_Khayyizatul_Muniroh.pdf

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Kreatif Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prasetuo,Eko Budi dan Haryanto. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan. Dalam Leonard (Editor). Eduresearch Vol.1, Hal 128. Jakarta: Unindra Press

Putu Eka Irawan, I G P Suharta dan I Nengah Suparta.2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016

Rohmah, Wafrotur dan Rohmawati.2012. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Prestasi Tentang Kompetensi Keguruan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi Pendidikan Akutansi. http: //publikasilmiah. Ums.ac.id/bistream/handle/123456789/4%2 OWAFROTUR%20ROHMAN. PdfSequance=1. Diunduh 16 Januari 2019

Sardiman. A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Spiyono Heru dan Suparman Ibrahim Abdullah,2012. Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa Di Sekolah. Jakarta: Rajawali .

Supardi, U. S. 2013. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication

Supardi. 2013. Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau Dari Interaksi Tes Formatif Uraian Dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Formatif. 3(2): 80-82.

Uno, Hamzah B. 2017. Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.