Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Annisa Nur Asmi, Fauzi Mulyatna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan seberapa besar pengaruh yang signifikan model pembelajaran tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK Al Fat-hiyah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas X SMK Al Fat-hiyah Jakarta dan sampel dalam penelitian ini, kelas X.B sebagai kelas eksperimen dan kelas X.A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pemberian soal essay untuk variabel pemecahan masalah matematis siswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dan diperoleh hasil . Sehingga dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK Al Fat-hiyah Jakarta pada materi matriks.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Emzir. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif danBerkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasbullah., dan Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press.

Hendriana, H., Rohaeti, Euis E., dan Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skiils Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama

Hidayat, F., Zulhendri., dan Zulfah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Shere (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kouk. Journal On Education. 1(1): 30-39.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Diakses 30 Juni 2019.

Saebani, B. A. (2017). Pedoman Aplikasi Metode Penelitian dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sujana, A., dan Maskhopipah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningktkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal of Research Mathematics Learning and Education. 2(1): 43-52.

Supardi, U. S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprebensif. Jakarta: Change Publication.

Zulfah. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 1-12.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.