Pembelajaran dengan Pendekatan Neurosains dalam Perkembangan Teknologi 4.0

Deni Nasir Ahmad

Sari


Tujuan dalam kajian pustaka ini adalah : memberikan kajian mengenai pembelajaran dengan menggunakan pendekatan neurosains dalam era teknologi 4.0. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil-hasil penelitian berupa artikel jurnal yang relevan dengan tema penelitian. Dalam menganalisis sumber atau data menggunakan teknik analisis isi (countent analisys) dengan beberapa langkah kegiatan untuk memperoleh data hasil penelitian yakni: a. berupa penganalisisan peran otak pada tubuh sebagai pusat berpikir dan spritual (motivasi) serta koordinasi alat gerak. b. peran neurosains sebagai pendekatan dalam pembelajaran dalam era teknologi 4.0. c. Hasil pembelajaran dengan pendekatan neurosains menjadi pembelajaran berkualitas pada era tenologi 4.0. Hasil dari kajian yaitu: a. Perkembangan otak manusia dipengaruhi pada kemampuan dasar yang dipelajari secara awal seorang manusia yang bersumber pada pendidikan keluarga dilanjutkan pada pendidikan sekolah dan dimasyarakat. b. Pembelajaran dengan pendekatan neurosains pada teknologi 4.0 adalah pembelajaran dengan Blended learning.  Simpulan dari kajian yaitu: 1. Otak sebagai anugrah yang diberikan Tuhan YME kepada setiap makhluk hidup agar makhluk hidup dapat memanfaatkan otak sebgai alat berpikir. 2. Memanfaatkan metode dan media dalam memancing kemampuan otak dalam setiap pembelajaran yang dilakukan akan menghasilkan peningkatan otak secara signifikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dadana, Jendy Cliff, Taufik F. Pasiak, Sunny Wangko. (2013). Hubungan Kinerja Otak Dengan Spiritualitas Manusia Diukur Dengan Menggunakan Indonesia Spiritual Health Assessment Pada Pemimpin Agama Di Kota Tomohon. Jurnal e-Biomedik (eBM), Volume 1, Nomor 2, Juli 2013, hlm. 830-835.

Hanafi, Imam. (2016). Neurosains-Spiritualitas Dan Pengembangan Potensi Kreatif. An-Nuha Vol. 3, No. 1, Juli 2016.

Kushartanti, BM Wara. (2018). Perkembangan Aplikasi Neurosains Dalam Pembelajaran Di TK. 11 Febuari 2018. www.staffnew.uny.ac.id.

Resti, Vica Dian Aprelia. (2013). Kajian Neurosains Dalam Perkembangan Pembelajaran Biologi Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 10 (2), 2013.

Saputro, Sigit Dwi. (2017). Pengaruh Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Neurosains Melalui Keterampilan Mengingat Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Edutic, Vol.3, No.2, Mei 2017.

Suyadi. (2012). Integrasi Pendidikan Islam Dan Neurosains Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Dasar (PGMI). Al-Bidāyah, Vol 4 No. 1, Juni 2012.

Wathon, Aminul. (2016). Neurosains Dalam Pendidikan. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, Volume 14, Nomor 1, Maret 2016.

Wijaya, Hengki. (2018). Pendidikan Neurosains Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Masa Kini. https://researchgate.net/publiction/323114055


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.