Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Lin Mas Eva, Nurul Hikmah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaksi pengobatan aptitude terhadap pemahaman konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dalam uji normalitas, hasilnya didistribusikan secara normal untuk kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan uji homogenitas data yang diperoleh memiliki varian yang sama atau homogen, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung (2,90)> ttabel (2,01), sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Aptitude Treatment. Model pembelajaran interaksi (ATI) menuju pemahaman konsep matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gusniwati, M. (2015).Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5 (1): 26-41.

Muzayyanah, A. (2009). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model PembelajaranKooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika.(Online),50 PM. 27, Hlm. 300-318.

Nurdin, S. 2005. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Ciputat Press.

O’Connel, S. (2007). Introduction to Problem Solving. Portsmouth: Heinemann.

Patria, A. Y. (2007). Teknik Probing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Skripsi FTMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Soedjaji, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.