Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika

Chatarina Febriyanti, Seruni Seruni

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 3 Tigaraksa. Jumlah sampel 40 peserta didik dimana 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrument yang digunakan  berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji persyaratan data yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji liliefors diperoleh kedua data berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan uji fisher diperoleh kedua data homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, dan berdasarkan perhitungan thitung = 2,30 dan ttabel = 2,03 uji t menunjukkan thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan  model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah, Sri. (2011). Srategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hasanah dan Hikmah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika. Dalam Leonard (editor). Eduresearch vol 1. Jakarta : Unindra Press. 271-294.

Hasbullah. (2014). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Savitra Collage.

Nurhazar, Ulvi. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Subpokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP YAPEMRI Depok. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jurusan Mstematika. FTMIPA. Universitas Indraprasta PGRI.

Septiana dan Ahdiyat. (2015). Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika. Dalam Leonard (Editor). Eduresearch vol 1. Jakarta : Unindra Press. 239-270.

Sukardjono. (2008). Hakikat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tojibah dan Suhendri. (2015). Efektivitas Penerapan Strategi dalam Pembelajaran Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. Dalam Leonard (Editor). Eduresearch vol 1. Jakarta : Unindra Press. 25-49.

Triyunita, Eka. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMK PGRI 16 Jakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jurusan Mstematika. FTMIPA. Universitas Indraprasta PGRI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.