Persepsi Guru Matematika & Peserta Didik Terhadap Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Di SMP Negeri 1 Cicurug

Tiara Aulia Tompo, Nivelia Triyani, Ramadhan Algifari, Romula Wanraytama

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru matematika dan juga peserta didik SMP Negeri 1 Cicurug terhadap sistem zonasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil dari guru matematika dan peserta didik kelas VII. Teknik penelitian menggunakan teknik “purposive sampling”. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner (Angket), observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat dampak negatif dan positif dari kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru bagi guru dan peserta didik di SMP Negeri 1 Cicurug. Diantaranya peserta didik merasa kurang bersemangat saat pembelajaran dikarenakan adanya sistem ini, guru pun merasa motivasi belajar serta persaingan antar peserta didik menurun setelah adanya kebijakan ini. Lalu dampak positifnya yaitu meratanya pendidikan di Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyanti, L., & Trihantoyo, S. (2022). Persepsi Masyarakat tentang Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(2), 370–383. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48586

Bintoro, R. F. A. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Tingkat Sma Tahun Ajaran 2017/2018 Di Kota Samarinda. Jurnal Riset Pembangunan, 1(1), 48. https://doi.org/10.36087/jrp.v1i1.26

Creswell, J., & Guetterman, T. (2018) Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative reserch (6 ed).

Dewi, I. A. P. R., Suharsono, N., & Meitriana, M. A. (2019). Persepsi Warga Sekolah dan Orang Tua Siswa Terhadap Sistem Zonasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 552–561.

Karmila, M., Syakira, N., & Mahir, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Mappesona, 2(1), 1–14. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/download/827/559

Kec, D. I., & Makasar, R. (2020). Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya Tahun XVI, No. 29. Februari 2020. 29.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitafi Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. 133

Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak Sistem Zonasi Bagi Sekolah Menengah Pertama. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 10. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.375

Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.46


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.