Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK pada Materi SPLTV

Aliyan Ghifarina, Hasnah Putri Azzahra, Sarah Dwi Meilani, Tourisna Putri Rachmatica

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi SPLTV. Penelitian ini dilakukan di SMK Islam Malahayati Jakarta. Subjek penelitian berasal dari kelas X TKJ 2. Peneliti memilih tiga anak berdasarkan kemampuan pemecahan masalah dan minat siswa berdasarkan hasil tes. Terdapat 4 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu, (1) memahami masalah (understanding the problem), (2) membuat rencana pemecahannya (plan), (3) melaksanakan rencana akhir (filling plan), dan (4) review (revisi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data, dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Dimana memeriksa data dari beberapa subjek dengan menggunakan teknik yang berbeda-beda, yaitu dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitia yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa berkemapuan tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika dalam kategori “sangat baik”. Hal tersebut karena siswa mampu menyelesaikan semua pemecahan masalah dengan sangat baik. Sedangkan siswa berkemampuan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika dalam kategori “kurang”. Hal ini karena kurangnya kemampuan dasar matematika siswa, siswa dapat memahami masalah namun kurang dalam membuat rencana pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksan kembali hasil.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayunis, A., & Belia, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Perkembagan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5363–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508

Hadi, S. (2014). Nomor 1, Pebruari (Vol. 2).

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Rini Husna Azzahra, & Heni Pujiastuti. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 153–162. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.876

Usman, P. M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664–674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990

Wira Aftriyati, L., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa SMAPekanbaru Pada Materi SLTV. 16(2), 226–240. https://doi.org/10.20956/jmsk.v%vi%i.8515


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.