Systematic Literature Review: Kesulitan Siswa Belajar Matematika

Ristyana Suryanti, Dinal Priyatna, Priarti Megawanti

Sari


Berdasarkan hasil PISA dari periode ke periode, kemampuan matematika peserta didik di Indonesia belum juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Masih ada pendidik dan peserta didik yang sepakat bahwa matematika adalah ilmu yang sulit. Parahnya, ilmu yang dapat membantu manusia memecahkan masalah ini dianggap sebagai ilmu yang abstrak dan tidak dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Matematika dilabeli sebagai pelajaran yang mematikan. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu penyebab dan akibat dari sulitnya siswa belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, mengevaluasi, menganalisis, menafsirkan dan menyimpulkan berbagai penelitian serupa yang membahas mengenai kesulitan siswa belajar matematika. Metode penelitian menggunakan SLR dengan bantuan Publish or Perish dan VOSviewer. Hasil penelitian ini terbagi menjadi empat bagian sesuai dengan pertanyaan penelitian yang dikaji dari 72 artikel relevan dengan topik penelitian. Empat bagian tersebut ialah apa saja kesulitan siswa belajar matematika, penyebab, akibat, dan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.