Implementasi Multimedia Website-Interactive Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA

Ami Fidianty

Sari


Syarat mutlak belajar terletak pada motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dipandang sebagai basic skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA melalui implementasi multimedia website-interactive. Metode penelitian ini berbentuk quasi-experimental design. Sampel penelitian ini adalah kelas eskperimen yaitu XI A dan XI B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melaui lembar observasi, tes uraian, dan angket. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji anova, dan n-gain. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan rendah motivasi belajar siswa SMA dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA terdapat peningkatan sedang melalui pembelajaran multimedia website-interactive.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. Fibonaci, 1(3), 1–11.

Aisy, A. R., Nurlaili, A., Suryana, S., Jurnal, P., Tindakan, P., Pembelajaran, P., Jurnal, P., Tindakan, P., Pembelajaran, P., No, V., & Hal, T. (2021). Urensi Pengelolaan kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMK Bhinneka Karawang. Jurnal, 4, 323–332.

Aljindan, B. (2022). Aknaf Website : Interactive Website to Automate the Institution ’ s Work. Journal Of Algebraic Statistics, 13(3), 5220–5227.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Christina, N. M. A., & Ganing, N. N. (2021). Multimedia Interactive Learning on Indonesian Language Content. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(2), 191. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.39434

Dwi Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif (Konsep dan Pengembangan).

Fachri, B. (2018). Perancangan Sistem Informasi Iklan Produk Halal Mui Berbasis Mobile Web Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 3(3), 98. https://doi.org/10.30645/jurasik.v3i0.69

Ginting, E. B., Purwanto, S. E., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(1), 1–8.

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Isnawan, M. G. (2020). KUASI-EKSPERIMEN.

Kurniawan, R. E., Makrifatullah, N. A., Rosar, N., Triana, Y., & Kunci, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173.

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10015

Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386

Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Materi Biologi Umum Multimedia Interaktif Berbasis Web dan Android. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 262–270. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1505

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2367–2375. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3288%0Ahttp://repositori.unsil.ac.id/3288/8/11. BAB II.pdf

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. kencana. In Jakarta: Prenada Media Group (p. 185).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 110–121.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.