Identifikasi Materi Yang Dianggap Sulit Mata Pelajaran Matematika Jenjang SD Kelas 2

Mufliha Dzahabiyyah, Alifa Rizka Utami, Rico Batistuta Fauzi, Siti Fatimah, Indah Mayang Purnama

Sari


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi materi pelajaran matematika yang dianggap sulit pada jenjang kelas 2 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada pakar yaitu seorang guru di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq telah ditemukan dua materi pelajaran matematika yang dianggap sulit diantaranya, satuan panjang dan satuan berat sedangkan ada empat materi pelajaran matematika yang dianggap sulit di SDN 05 Cipete Utara yaitu penjumlahan, pengurangan, pembagian dan pecahan. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide serta kesempatan untuk peneliti lain dalam membuat ataupun mengembangkan baik metode ajar, bahan ajar ataupun media pembelajaran yang akan memudahkan peserta didik dalam memahami dan menguasai materi yang dianggap sulit tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.