Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan matematis pada siswa SDN 01 kemayoran jakarta

Aulia Masruroh, Rita Kusumawardani

Sari


Kemandirian belajar dilihat pada kebiasaan-kebiasaan belajar siswa sehari-hari seperti merencakan dan melakukan pembelajaran. Rendahnya kemampuan siswa terhadap pemecahan masalah matematika harus ditinjau dari kemandirian belajar yang dimiliki oleh siswa. Kemandirian belajar tinggi dari siswa dalam pembelajaran terutama peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berpengaruh terhadap terciptanya semangat belajar. Tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 01 Kemayoran. Metode yang digunakan yaitu metode survei. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sampel berjumlah 41 siswa kelas V. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik pemberian angket dan tes. Analisis Penelitian ini yaitu analisis korelasi dan regresi sederhana. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t. Terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (3,331>2,021).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agunaisy, T., Darvina, Y., & Murtiani. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) Berbantuan Bahan Ajar Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI SMAN 13 Padang. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 07(01), 9–16. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24036/1984171074

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(01), 48–65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V10i1.921

Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 04(01), 61–74. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33603/Jnpm.V4i1.2549.

Bella, Y., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2019). Peranan Metode Pembelajaran The Power Of Two terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 03(02), 129–135. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26486/Jm.V3i2.821

Birillina, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian di Kelas III SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 04(02), 217–229. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30651/Must.V4i2.2914

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, 14(01), 169–178. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31571/Edukasi.V14i1.294

Hakim, A. R. (2015). Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Spiritual dan Sikap Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01(01), 47–54. Retrieved From Https://Www.Academia.Edu/Download/46444000/Prosiding_Unindra_Full_Book.Pdf#Page=56

Hakim, A. R. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap dan Komitmen Diri Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 02(01), 24–36. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Jkpm.V2i1.1892

Hakim, A. R. (2017). Pembelajaran Matematika yang Mudah dan Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 271–281.

Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 04(01), 1–13. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.26486/Jm.V4i1.801

Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(02), 31–39. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30870/Jppm.V10i2.2028

Mayasari. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–88. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646.

Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students ’ early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 689–708.

Rachman, A., & Hakim, A. R. (2018). Pengaruh Self Concept dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 02(01), 174–186.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Wear, A. S., & Indrawati, R. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dan Diskusi pada Materi Pokok Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 02(02), 159–172. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Jkpm.V2i2.2489


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.